Sabtu, 17 Oktober 2020

Kiat menyusun penulisan yang menarik bersama Asma Nadia

 

Refleksi kegiatan kuliah umum pembaTIK 2020 Level 4 : berbagi dengan tema berbagi inovasi pembelajaran berbasis TIK mewujudkan merdeka belajar. Pada hari rabu,16 september 2020. Webinar dimulai pada pukul 09.00-10.30 WIB dengan narasumber Asma Nadia (Penulis novel best seller di Indonesia). Beliau menjelaskan tentang kiat menyusun penulisan yang menarik. Menurutnya, setiap orang bisa menulis, bakat tidak diperlukan dalam menulis, karena bakat hanya 5 %, keberuntungan 5 % dan kerja keras 90 %. Memiliki motivasi  dan cinta yang kuat terhadap kegiatan menulis akan membuat kita bisa berhasil menjadi penulis. Menulis bisa dimulai dari keresahan diri sendiri atau keresahan orang lain (bisa dari media cetak). 






Menulis adalah sebuah keterampilan dan bisa dipelajari. Kunci untuk membuat tulisan menarik menurut Asma Nadia ada 2 hal yang harus diperhatikan yaitu : Ide (baru atau dekat dengan pembaca) dan teknik (meliputi judul,memiliki gagasan/konflik yang kuat, setting latar waktu dan tempat, penokohan yang menarik, bentuk cerita/permainan plot dan ending yang berkesan). Cara membuat buku best seller yaitu gagasan dan isi buku menarik, segmentasi yang jelas, ditujukan untuk pembaca perempuan, sosok didalam buku harus kuat, dibutuhkan, buku keluar pada waktu yang tepat, adakan promo,bisa melalui sosial media dan pesan yang kuat. jika sahabat rumah belajar ingin mengetahui lebih lengkap silahkan kunjungi youtube Rumah Belajar Kemdikbud, link dibawah ini.

Youtube : https://www.youtube.com/watch?v=KumcKKyoMuM

IG : https://www.instagram.com/belajar.kemdikbud/?hl=id

FB : https://www.facebook.com/PortalRumahBelajar

Youtube penulis : https://www.youtube.com/channel/UCIsqV1Bi_goWumfXS69Rjqg

IG                           : https://www.instagram.com/marioadi/?hl=id

FB                           : https://web.facebook.com/marioadiwinatta

#berbagi #literasiTIK #implementasiTIK #berkreasiTIK #Pusdatinkemendikbud #DutaRumahBelajar2020 #pembatik2020 #simpatik #penggerak #drb #rumahbelajarkemdikbud #pusdatin #pustekkomkemdikbud #kemdikbud_ri #MerdekaBelajar #GuruBerbagi #pembatik #gurupenggerak  #pembatiklevel4 #dutarumahbelajar #belajardarirumah  #rumahbelajar #SRBkalbar #SRBkalbar2020  #RumahBelajar2020 #BerbagiTIK

Tidak ada komentar:

Posting Komentar