Rabu, 21 Oktober 2020

Pemanfaatan sumber belajar di Portal Rumah Belajar Kemdikbud dalam pembelajaran jarak jauh dengan metode Discovery Inquiry dimasa pandemi Covid 19.

 

Tahun 2020 ini adalah tahun yang sangat sulit dan berat bagi semua bidang. Dibidang pendidikan, pandemi Covid 19 sangat terasa. Pada waktu sebelum pandemi, pembelajaran dilakukan seperti biasa dengan tatap muka, namun sekarang ketika pandemi, guru dan siswa dipaksa untuk beradaptasi lebih cepat agar pembelajaran terus berjalan walaupun dilakukan secara jarak jauh (PJJ). Salah satu solusi yang diberikan pemerintah adalah dengan memanfaatkan portal Rumah Belajar dari Kemdikbud, yang bisa di akses di /https://belajar.kemdikbud.go.id/





Salah satu metode pembelajaran jarak jauh yang bisa digunakan adalah metode discovery inquiry dengan memanfaatkan sumber belajar pada portal rumah belajar. Nah, metode discovery inquiry adalah rangkaian kegiatan pembelajaran yang melibatkan siswa secara maksimal untuk mencari dan menemukan sendiri pengetahuan,keterampilan dan sikap. Cara menerapkan metode ini adalah guru terlebih dahulu memberikan pengumuman di Whatsapp grup kelas tentang pembelajaran yang akan dilakukan besok hari, kemudian esok hari siswa menonton video dari Portal Rumah Belajar Kemdikbud dengan link yang diberikan oleh guru, kemudian siswa belajar mandiri dan mengerjakan soal dari guru dan dilanjutkan dengan pengumpulan jawaban dengan cara memfoto jawaban dan dikirimkan melalui whatsapp. Sintak pembelajaran discovery inquiry adalah simulasi, identifikasi masalah, pengumpulan data, pengolahan informasi, verifikasi hasil dan generalisasi.

Jadi, dengan memanfaatkan sumber belajar pada portal Rumah Belajar Kemdikbud, maka kita bisa mengkolaborasikan pembelajaran yang kreatif dan menyenangkan. Seperti Slogan Rumah Belajar “Belajar dimana saja, kapan saja, dengan siapa saja”.

IG : https://www.instagram.com/belajar.kemdikbud/?hl=id

FB : https://www.facebook.com/PortalRumahBelajar

Youtube penulis : https://www.youtube.com/watch?v=2C9LITwRi7g

IG                           : https://www.instagram.com/marioadi/?hl=id

FB                           : https://web.facebook.com/marioadiwinatta

#berbagi #literasiTIK #implementasiTIK #berkreasiTIK #Pusdatinkemendikbud #DutaRumahBelajar2020 #pembatik2020 #simpatik #penggerak #drb #rumahbelajarkemdikbud #pusdatin #pustekkomkemdikbud #kemdikbud_ri #MerdekaBelajar #GuruBerbagi #pembatik #gurupenggerak  #pembatiklevel4 #dutarumahbelajar #belajardarirumah  #rumahbelajar #SRBkalbar #SRBkalbar2020  #RumahBelajar2020 #BerbagiTIK


Tidak ada komentar:

Posting Komentar