Jumat, 02 Oktober 2020

Perjalananku di PembaTIK Level 4 2020 part 1

 

Refleksi kegiatan kuliah umum pembaTIK 2020 Level 4 : berbagi dengan tema berbagi inovasi pembelajaran berbasis TIK mewujudkan merdeka belajar. Pada hari selasa,15 september 2020. pada hari ini, ada 3 sesi yang akan diikuti yaitu sesi 1 pada pukul 09.00-10.30 WIB dengan narasumber Charles Bonar Sirait, SE, MM. (Founder CBS School of communications & Penulis Buku Best Seller “ The power of public speaking”. Sesi 2 pukul 10.30-12.00 WIB dengan narasumber Butet Manurung (Aktivis pendidikan dan Pendiri Sekolah Rimba). Serta sesi 3 pukul 13.00-14.00 WIB dengan narasumber Dr. Iwan Syahril, Ph.D. (Dirjen GTK).

Pada sesi 1 ini, Bapak Charles Bonar Sirait menyampaikan materi tentang kiat sukses bagi para pendidik untuk berkomunikasi dengan publik. Pada awal kegiatan, beliau memperkenalkan diri dan menjelaskan secara singkat mengapa komunikasi itu penting. menurut beliau ada  4 hal yang harus diperhatikan dalam berkomunikasi dengan publik agar bisa sukses, yaitu  :

1.     1. Memahami pola komunikasi sederhana

2.     2. Impactful communication

3.     3. Persuasive communication

4.     4. Personal Branding




Komunikasi berarti sharing atau berbagi. Jadi dalam berkomunikasi  ada pemberi pesan dan penerima pesan serta bersifat dua arah. Dijelaskan oleh Charles Bonar Sirait bahwa dalam memahami pola komunikasi sederhana seperti dianalogikan dengan 2  orang anak sedang bermain telpon-telponan dari kaleng dan seutas tali. anak laki-laki diumpamakan sebagai pendidik, seutas tali diumpamakan sebagai media dan anak perempuan adalah siswa-siswi. Maksud dari analogi itu adalah bagaimana pendidik mengirimkan pesan melalui media  tertentu dan siswa dapat menangkap pesan itu. Menurut Charles Bonar Sirait, seorang pendidik harus memiliki keyakinan bahwa pada saat mengajar, dia sesungguhnya sedang memimpin. jika sahabat rumah belajar ingin mengetahui lebih lengkap silahkan kunjungi youtube Rumah Belajar Kemdikbud, link dibawah ini.

Youtube : https://youtu.be/01q54xyPhrE

IG : https://www.instagram.com/belajar.kemdikbud/?hl=id

FB : https://www.facebook.com/PortalRumahBelajar

Youtube penulis : https://www.youtube.com/channel/UCIsqV1Bi_goWumfXS69Rjqg

IG                           : https://www.instagram.com/marioadi/?hl=id

FB                           : https://web.facebook.com/marioadiwinatta

#berbagi #literasiTIK #implementasiTIK #berkreasiTIK #Pusdatinkemendikbud #DutaRumahBelajar2020 #pembatik2020 #simpatik #penggerak #drb #rumahbelajarkemdikbud #pusdatin #pustekkomkemdikbud #kemdikbud_ri #MerdekaBelajar #GuruBerbagi #pembatik #gurupenggerak  #pembatiklevel4 #dutarumahbelajar #belajardarirumah  #rumahbelajar #SRBkalbar #SRBkalbar2020

Tidak ada komentar:

Posting Komentar