Rabu, 21 Oktober 2020

Road Show Sosialisasi Rumah Belajar 2020

 

Kegiatan mensosialisasikan Rumah Belajar Kemdikbud, saya lakukan di beberapa sekolah seperti di SMA Maniamas Ngabang, SD Maniamas Ngabang, SMA Negeri 2 Mandor, dan SMP Maniamas Ngabang. Sosialisasi pertama dilakukan di SMA Maniamas Ngabang pada hari selasa, 13 Oktober 2020 dengan peserta lebih kurang 30 peserta dengan rincian 23 guru dan 7 mahasiswa/mahasiswi PPL SKIP Pamane Talino Ngabang.






Kegiatan sosialisasi berjalan lancar dan antusias dari peserta kegiatan sangat baik, dibuktikan dengan beberapa pertanyaan seputar rumah belajar. Selain itu, narasumber juga berbagi tentang bagaimana cara membuat media pembelajaran kreatif menggunakan aplikasi canva.

Kegiatan sosialisasi selanjutnya dilaksanakan di SD Maniamas Ngabang pada tanggal14 Oktober 2020 dengan jumlah peserta lebih kurang 26 orang guru. Kegiatan dimulai pada pukul 08.00 WIB sampai pada pukul 10.00 WIB. Sama seperti di tempat sosialisasi pertama, disini para guru juga sangat bersemangat didalam mengikuti sosialisasi Rumah Belajar Kemdikbud, terlebih lagi pada pembahasan tentang fitur edugame yang merupakan fitur terbaru pada portal ini. Bapak dan ibu guru sangat senang dan langsung praktek menggunakan fitur edugame ini. Berikut adalah beberapa hasil foto kegiatan disana.








Pada tanggal 19 Oktober 2020, saya melakukan sosialisasi Rumah Belajar Kemdikbud di SMA Negeri 2 Mandor berkolaborasi dengan salah satu SRB Provinsi Kalimantan Barat yaitu bapak Rino. Kegiatan sosialisasi ini masuk dalam kegiatan IHT (In House Training) yang digagas oleh Kepala sekolah dan guru-guru di SMA itu. Saya dan pak Rino menjelaskan tentang fitur utama dan fitur pendukung dari rumah belajar Kemdikbud ditambah dengan materi tentang soal ulangan online dan pembuatan video pembelajaran yang dibawakan oleh pak Rino selaku narasumber. Berikut adalah dokumentasi kegiatan tersebut.







Pada tanggal 20 Oktober 2020, saya dan pak Rino kembali berkolaborasi untuk mensosialisasikan Rumah Belajar Kemdikbud di SMP Maniamas Ngabang. Para guru sangat antusias mendengar materi yang kami sampaikan mulai dari fitur utama rumah belajar yaitu sumber belajar, kelas maya, laboratorium maya dan bank soal. Guru-guru melakukan praktik secara langsung dengan membuka portal rumah belajar. Fitur yang menarik adalah laboratorium maya. Semua guru mencoba fitur tersebut. Selain itu juga kami selaku narasumber berbagi pengetahuan tentang pembuatan media pembelajaran menggunakan aplikasi canva. 







Demikian coretan singkat tentang kegiatan sosialisasi Portal Rumah Belajar Kemdikbud. Jangan lupa untuk mengunjungi portal Rumah Belajar Kemdikbud di https://belajar.kemdikbud.go.id/


IG : https://www.instagram.com/belajar.kemdikbud/?hl=id

FB : https://www.facebook.com/PortalRumahBelajar

Youtube penulis : https://www.youtube.com/watch?v=2C9LITwRi7g

IG                           : https://www.instagram.com/marioadi/?hl=id

FB                           : https://web.facebook.com/marioadiwinatta

#berbagi #literasiTIK #implementasiTIK #berkreasiTIK #Pusdatinkemendikbud #DutaRumahBelajar2020 #pembatik2020 #simpatik #penggerak #drb #rumahbelajarkemdikbud #pusdatin #pustekkomkemdikbud #kemdikbud_ri #MerdekaBelajar #GuruBerbagi #pembatik #gurupenggerak  #pembatiklevel4 #dutarumahbelajar #belajardarirumah  #rumahbelajar #SRBkalbar #SRBkalbar2020  #RumahBelajar2020 #BerbagiTIK

Tidak ada komentar:

Posting Komentar