Sabtu, 17 Oktober 2020

Pemanfaatan media video conference untuk berbagi bersama Prof. Dr. Ir. R. Eko Indrajit, M.Sc., MBA, M.phil., MA

 

Refleksi kegiatan kuliah umum pembaTIK 2020 Level 4 : berbagi dengan tema berbagi inovasi pembelajaran berbasis TIK mewujudkan merdeka belajar. Pada hari jumat,18 september 2020. Webinar dimulai pada pukul 09.00-10.30 WIB dengan narasumber Bapak Prof. Dr. Ir. R. Eko Indrajit, M.Sc., MBA, M.phil., MA. (Pakar teknologi). Beliau membawakan materi tentang pemanfaatan media video conference untuk berbagi.

Pada awal sesi, beliau bertanya mengapa kita menggunakan video conference. Alasannya adalah penggunaan cepat,mudah,murah, ada dalam situasi dan kondisi pandemi, serta bersifat masif  dan viral secara efektif.





Menurutnya, ada 5 tips agar pemanfaatan video conference dapat maksimal, yaitu : harus bisa membuat orang lain melakukan yang kita inginkan/ajarkan, menggunakan video conference dengan fitur yang disesuaikan dengan karakteristik pertemuan dan tujuan yang ingin dicapai bersama, saling berinteraksi dan memberi umpan balik, daya tahan dan waktu yang efektif dalam beraktivitas via video conference, serta yang terakhir adalah berbagi via video conference (karena kita berada dalam lingkungan digital yang dapat direkam).

Prof. Dr. Ir. Eko Indrajit berpesan bahwa jangan menunggu untuk berbagi dan segeralah rekam dan share agar ilmu dapat diterima orang lain.

Jika sahabat rumah belajar ingin mengetahui lebih lengkap silahkan kunjungi youtube Rumah Belajar Kemdikbud, link dibawah ini.

Youtube : https://www.youtube.com/watch?v=u3sCGCelG1s

IG : https://www.instagram.com/belajar.kemdikbud/?hl=id

FB : https://www.facebook.com/PortalRumahBelajar

Youtube penulis : https://www.youtube.com/channel/UCIsqV1Bi_goWumfXS69Rjqg

IG                           : https://www.instagram.com/marioadi/?hl=id

FB                           : https://web.facebook.com/marioadiwinatta

#berbagi #literasiTIK #implementasiTIK #berkreasiTIK #Pusdatinkemendikbud #DutaRumahBelajar2020 #pembatik2020 #simpatik #penggerak #drb #rumahbelajarkemdikbud #pusdatin #pustekkomkemdikbud #kemdikbud_ri #MerdekaBelajar #GuruBerbagi #pembatik #gurupenggerak  #pembatiklevel4 #dutarumahbelajar #belajardarirumah  #rumahbelajar #SRBkalbar #SRBkalbar2020  #RumahBelajar2020 #BerbagiTIK

Tidak ada komentar:

Posting Komentar